Pertama Kali Membeli Rumah? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!

Dalam membeli sebuah hunian, dapat dikatakan mudah-mudah susah. Terlebih lagi kamu baru pertama kalinya dan belum memiliki pengalaman dalam membeli rumah. Belum lagi mengenai cara pembayaran yang nantinya kamu tentukan sendiri, dapat mempengaruhi segala proses yang akan dilewati. Sehingga bagi kamu yang memiliki rencana untuk membeli rumah pertama, harap memperhatikan beberapa hal berikut ini, tentu supaya kamu tidak menyesali di kemudian hari, dan juga supaya proses transaksi yang kamu lewati akan berjalan secara lancar. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membeli sebuah rumah untuk pertama kalinya.

memiliki rumah

  • Menentukan Lokasi Rumah

Hal pertama ini sangatlah penting ketika kita hendak ingin memiliki sebuah hunian. Sehingga tak heran banyak pelaku di industri properti yang mengutamakan lokasi dalam membeli properti. Lokasi ini berkaitan dengan ketersediaan sarana prasana umum, akses tranportasi, aman atau tidaknya dari beberapa permasalahan seperti banjir atau longsor ketika hujan turun, dan lain sebagainya. Sebaiknya kamu memilih lokasi yang berdekatan dengan beragam fasilitas umum, dan akses yang mudah, agar memudahkan kamu bersama keluarga melakukan berbagai kegiatan.

  • Harga Rumah

harga

Untuk hal ini, sebaiknya kamu terlebih dahulu menyusun rencana berapa besar biaya yang harus kamu keluarga nantinya. Dengan begitu, harga sebuah perumahan yang akan kamu beli, sesuai dengan budget yang kamu miliki. Tak hanya itu, kamu juga dapat menghemat waktu demi dapat melakukan aktivitas lainnya.

  • Track Record Developer

Track Record Developer

Sebelum kamu menentukan rumah mana yang ingin dimiliki, sebaiknya melihat perjalanan (track record) pengembangnya. Apakah track recordnya baik, atau tidak. Bagaimana juga dengan kualitas bangunan yang telah mereka dirikan sebelum-sebelumnya. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu dapat mencari informasi dari internet atau langsung menanyakan pengembangnya.

  • Cara Pembayaran

Cara Pembayaran

Para pengembang rata-rata memiliki beragam cara pembayaran, yakni tunai bertahap, kredit pemilikan rumah (KPR), dan tunai keras. Jika kamu memiliki tabungan yang cukup, sebaiknya kamu memilih cara pembayaran tunai keras. Namun sebaliknya, jika budget kamu kurang atau tidak cukup, kamu dapat memilih kpr, ataupun tunai bertahap.

  • Waktu Serah Terima Rumah dan Biaya Tambahan

Kamu sebaiknya bertanya kepada pihak pengembang, kapan kamu dapat menikmati dan menempati rumah yang sudah dibeli. Buatlah suatu perjanjian, jika developer terlambat menyerahkan unit yang telah kamu beli, dikenakan konsekwensi. Terakhir, kamu harus juga harus mealokasikan biaya tambahan diluar harga hunian. Biaya ini meliputi Ppn, peningkatan BPHTB, KPR, dan lain sebagainya.

Rumah Dijual Sunter Agung

Selesai mengetahui beberapa hal penting dalam memilih rumah pertama, ada baiknya juga kamu menyimak penawaran istimewa dari saya satu ini. Siapa tahu saja cocok dan sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan. Penawarannya yakni, sebuah rumah modern minimalis dengan kondisi bangunan yang masih sangat bagus sekali, yang letaknya di Sunter Agung, Jakarta Utara. Rumah ini sudah dilengkapi dengan sertifikat atas hak milik, dan terdiri dari empat pasang kamar tidur beserta kamar mandinya. Harganya, cukup Rp5,2 miliar saja.