Selain Untuk Tempat Usaha, Ruko Ternyata Memiliki Nilai Investasi Tinggi

Ruko atau rumah toko merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menggambarkan bangunan yang biasanya memiliki dua hingga tiga lantai. Dimana lantai pertama atau dasar, umumnya digunakan untuk berbisnis baik itu kantor maupun tempat usaha, sedangkan lantai atasnya dipergunakan sebagai tempat tinggal. Pada umumnya, sebuah ruko dibangun di dalam komplek, dimana memiliki desain yang hampir mirip satu sama lain. Pembangunan ruko pun saat ini sangatlah pesat di berbagai wilayah di Indonesia. Lantaran permintaan masyarakat akan tempat usaha sangatlah tinggi.

 

Tapi tahukah kamu, bahwa ruko tak hanya dipergunakan untuk tempat usaha saja, tetapi juga merupakan pilihan alternatif dalam berinvestasi di bidang properti. Walaupun masyarakat lebih memilih rumah sebagai investasi. Tetapi, saat ini ruko sangatlah menjanjikan untuk aktivitas investasi. Sama seperti jenis properti lainnya, bahwa ruko juga memiliki kelebihan dan kekurangan jika dipergunakan sebagai investasi. Berikut penjelasannya.

Keuntungan Investasi Ruko

jangka waktu

  • Memiliki jangka waktu sewa yang terbilang cukup panjang jika dibandingkan rumah, yakni di antara dua hingga tiga tahun. Hal ini dikarenakan para penyewa mempertimbangkan keuntungan yang didapatkannya. Sebagai catatan, bahwa semakin lama menyewa, maka murah pula biaya sewanya. Terlebih lagi nanti penyewa sudah merasa betah dan nyaman, serta cocok.
  • Capital gain yang cukup tinggi, yakni berkisar di angka 6 hingga 9 persen. Tingkat buyback sebuah ruko lebih tinggi pula jika dibandingkan dengan rumah sewa. Hal ini terjadi lantaran ruko memiliki luas bangunan yang lebih besar ketimbang luas tanahnya sendiri. Selain itu, ruko juga terletak di pusat bisnis, dan letaknya begitu strategis.
  • Permintaan akan jenis properti yang satu ini terbilang sangat tinggi, terlebih yang terletak di wilayah bisnis, industri, dan juga hiburan. Sehingga, di kawasan tersebut akan mendukung perekonomian, dan bahkan juga dapat menjadi motor pengerak perekonomian pada sebuah daerah.

Kekurangan Investasi Ruko

  • Prospek suatu ruko tergantung pada lokasi dan letaknya. Jika ruko dibangun di lokasi yang berada di kawasan industri, bisnis, dan sebagainya, akan memiliki minat yang tinggi. Lantaran ruko merupakan produk properti komersil yang memiliki ketergantungan akan lokasi.
  • Sebuah ruko amat peka terhadap perekonomian suatu daerah, lantaran ruko diperuntukkan sebagai tempat berbisnis.

Jika kamu memiliki rencana untuk membeli sebuah ruko yang diperuntukkan sebagai nilai investasi, tidak ada salahnya kamu menyimak satu penawaran ruko istimewa dari saya satu ini. Yakni, sebuah ruko dengan memiliki luas bangunan 255 meter persegi, sedangkan luas tanahnya 120 m2 ini, terletak di Muara Karang, Jakarta Utara. Ruko ini memiliki 3 lantai, dengan kualitas bangunan yang masih sangat baru. Untuk menikmati ruko baru ini, siapkan dana sebesar Rp 5,3 miliar, lengkap dengan sertifikat atas hak milik pribadi, dan lain sebagainya.